BAB I
PENDAHULUAN
Alasan kami memilih judul
"FASILITAS SEKOLAH" karena kami disini akan menjelaskan bagaimana
fasilitas yang ada di SMAN 15 Bandung baik yang positif maupun negatif.
Meskipun fasilitas sekolah sudah pernah dibahas namun penulis akan
membahasnya lagi dengan melibatkan berbagai permasalahan fasilitas sekolah yang
terdapat di SMAN 15 Bandung.
Manfaat makalah ini tentunya sangat penting bagi guru
sebagai sumber ajar terhadap siswa. manfaat bagi siswa bisa dijadikan sebagai
sumber penulisan karya ilmiah. Selain itu bagi masyarakat bias jadi sumber
bacaan baru.
Rumusan masalah pada makalah yang
berjudul "FASILITAS SEKOLAH" adalah sebagai berikut:
1. Apa permasalahan yang paling sering terjadi pada fasilitas SMAN
15 Bandung?
2. Apa penyebab rusaknya fasilitas SMAN 15 Bandung?
3. Apa akibat rusaknya fasilitas sekolah terhadap warga SMAN 15
Bandung?
4. Bagaimana solusi dari permasalahan yang ada?
Tujuan penulis dalam makalah
"FASILITAS SEKOLAH" antara lain sebagai berikut:
1. Penulis ingin mengetahui masalah yang terjadi dalam fasilitas
yang ada di SMAN 15 Bandung.
2. Penulis bermaksud mencari informasi mengenai penyebab rusaknya
fasilitas SMAN 15 Bandung.
3. Penulis bermaksud mencari informasi mengenai akibat rusaknya
fasilitas SMAN 15 Bandung.
4. Penulis bermaksud memberikan solusi terhadap masalah fasilitas
SMAN 15 Bandung.
Masalah dalam makalah penulis
berjudul "FASILITAS SEKOLAH" terbatas pada permasalahan, penyebab,
akibat dan solusi dalam rusaknya fasilitas yang ruang lingkupnya hanya di
lingkungan SMAN 15 Bandung.
Pada makalah yang berjudul
"FASILITAS SEKOLAH" penulis berusaha menjelaskan mengenai definisi,
ciri ciri, jenis, unsur, dan solusi dari rusaknya fasilitas SMAN 15 Bandung.
Data - data yang akan dibahas
penulis pada makalah ini diambil dari berbagai sumber, diantaranya, pendapat
siswa, internet dan makalah - makalah kakak kelas mengenai fasilitas sekolah.
Metode yang digunakan penulis pada
makalah yang berjudul "FASILITAS SEKOLAH" adalah metode deskriptif
yaitu metode yang menggambarkan tentang masalah fasilitas sekolah di SMAN 15
Bandung, sebab sebab rusaknya fasilitas di SMAN 15 Bandung, akibat dari
rusaknya fasilitas di SMAN 15 Bandung, dan solusi dari rusaknya fasilitas SMAN
15 Bandung tersebut.
Teknik yang digunakan penulis dalam
makalah ini diantaranya dengan wawancara kepada guru atau staf sekolah mengenai
rusaknya fasilitas sekolah dan mengamati fasilitas yang rusak
BAB II
PEMBAHASAN
Fasilitas adalah sarana untuk melancarkan
pelaksanaan fungsi, sedangkan sekolah adalah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan
guru. Jadi, fasilitas sekolah adalah sarana untuk melancarkan pelaksanaan
fungsi dalam lingkungan lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau
murid di bawah pengawasan guru.
Ciri - ciri fasilitas sekolah yang ada di
SMAN 15 Bandung antara lain :
1. Fasilitas kantin yang mempunyai sekitar 6 buah meja untuk warga
sekolah berkumpul dan makan
2. Jumlah toilet yang menyesuaikan dengan jumlah murid
3. Fasilitas kantin yang luasnya menyesuaikan dengan jumlah warga
sekolah
Jenis - jenis fasilitas sekolah yang ada di
SMAN 15 Bandung antara lain :
1. Fasilitas outdoor
2. Fasilitas indoor
Unsur - unsur fasilitas sekolah yang ada
di SMAN 15 Bandung antara lain :
1. Fasilitas outdoor :
- Lapangan
- Kantin
- Area parkir
- Taman ketapang
2. Fasilitas indoor :
- Kelas
- Laboratorium
- Toilet
- Aula
Dari fasilitas yang ada ini banyak fasilitas
yang masih kurang baik yang disebabkan oleh warga SMAN 15 itu sendiri maupun
oleh alam. Dari permasalahan tersebut kita dapat melihat dan memperbaiki
fasilitas yang sudah tidak layak tersebut, beberapa solusi yang dapat dilakukan
untuk mengatasi masalah tersebut antara lain :
1. Menggunakan segala fasilitas dengan cara yang baik
2. Tidak merusak dan mengotori fasilitas yang ada
3. Tidak mencorat coret dinding dan meja atau apapun fasilitas
yang ada yang seharusnya tidak dicoret
4. Melakukan bersih bersih kelas untuk mencegah adanya kuman dan
kerusakan
Lokasi fasilitas yang ada di tempatya tersebar
salah satunya kantin yang dekat kelas XII, bangku merah, perpustakaan, tukang
photo copy, dll.
Fasilitas kantin yaitu terdapat meja, kursi,
tempat sampah, dan dagang dagangan kantin dengan harga kantong SMA.
Dengan adanya fasilitias tersebut sangat
memudahkan warga SMAN 15 untuk menikmatinya dengan nyaman sehingga membuat para
warga merasa senang.
Kantin pun memiliki peraturan, peraturan
peraturan yang ada antara lain :
1. Dilarang membuang sampah sembarangan
2. Tidak meninggalkan sisa makanan di sembarang tempat
3. Menjaga kebersihan kantin
Ada banyak permasalahan yang ada di SMAN 15
Bandung, baik itu masalah pada kantin, lapangan, kelas, maupun hal lainnya.
Salah satu permasalahan yang pling banyak muncul antara lain pada bagian kelas
dan kantin
Kelas memiliki fasilitas yang baik namun
paling sering timbul masalah. Salah satunya pada projector yang seringkali
tidak menyala atau error.
Kantin mempunyai masalah yaitu pada ukurannya
yang kurang luas sehingga sering kali penuh dan mengantri dengan lama
Masalah yang terjadi tidak hanya sekali namun berkali
kali. Hal yang paling sering terjadi yaitu pada projector yang sulit digunakan
dan terkadang mati atau error.
Masalah yang terjadi di area kantin lumayan
banyak, antara lain :
1. Area yang kurang luas
2. Kondisi yang kurang bersih
3. Meja dan kursi yang kurang banyak
4. Jenis makanan yang kurang bervariasi
5. Beberapa harga tidak masuk akal
Masalah yang ada di area parkir ada beberapa,
antara lain :
1. Kurang luas
2. Tidak dapat menampung kendaraan roda 4
3. Tidak banyak daerah yang bebas hujan
Masalah pasti disebabkan karena sesuatu
masalah masalah yang timbul disebabkan oleh, antara lain :
1. Murid murid yag tidak dapat menjaga dengan baik fasilitas yang
ada
2. Adanya faktor cuaca
3. Disebabkan oleh perilaku hewan
4. Tidak dirawat dengan baik
Akibat dari masalah masalah yang ada antara
lain :
1. Meja rusak karena coretan dan goresan
2. Kursi rusak karena coretan dan goresan
3. Lantai licin oleh lumut
4. Lingkungan bau karena sampah
5. Atap bocor karena genteng sudah tua
6. Wifi lemot karena banyak penggunanya
7. Laboratorium yang beralih fungsi menjadi kelas
8. Warna cat yang menguning
9. Tembok yang penuh coretan
10. Koridor dijadikan tempat parkir
11. Projector error karena kecerobohan
12. Pintu yang tidak dapat ditutup lagi
13. Listrik yang tidak kuat
14. Lapangan yang beralih fungsi menjadi tempat parkir
15. Aula yang kurang nyaman
16. CCTV yang tidak berfungsi
17. Jendela reyot karena sudah tua
18. jendela penuh debu
19. Kelas dengan atap rubuh
20. WC yang airnya tidak memadai
Solusi yang dilakukan dari permasalahan yang
ada antara lain :
1. Menggunakan segala fasilitas dengan cara yang baik
2. Tidak merusak dan mengotori fasilitas yang ada
3. Tidak mencoret coret dinding dan meja atau apapun fasilitas
yang ada
4. Melakukan bersih bersih kelas untuk mencegah adanya kuman
BAB III
HASIL PEMBAHASAN
Angket adalah teknik pengumpulan data dengan
cara mengajukan pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis pula oleh
para responden tentang diri pribadi atau hal hal yang ia ketahui.
Penulis membagikan angket dengan bentuk soal
"ya" atau "tidak". Karena angket jenis ini lebih memudahkan
responden untuk menjawabnya karena lebih kepada diri sendiri dan jenis angket
ini lebih mudah diisi daripada angket lain karena tinggal memilih jawaban ya
atau tidak.
Uraian Soal
Berilah tanda (x) pada jawaban yang anda pilih
1. Menurut saya fasilitas sekolah sangat penting
a. Ya b. tidak
2. Menurut saya fasilitas sekolah sudah memadai
a. Ya b. tidak
3. menurut saya fasilitas sekolah belum memadai
a. ya b. tidak
4. Menurut saya keadaan fasilitas sekolah cukup baik
a. ya b. tidak
5. Menurut saya siswa masih belum menjaga fasilitas sekolah
a. ya b. tidak
6. Menurut saya siswa adalah penyebab utama akan masalah fasilitas
sekolah
a. ya b. tidak
7. Menurut saya cuaca merupakan salah satu faktor masalah
fasilitas sekolah
a. ya b. tidak
8. Menurut saya perilaku hewan merupakan salah satu faktor masalah
fasilitas sekolah
a. ya b. tidak
9. Menurut saya penyebab masalah fasilitas sekolah sulit diatasi
a. ya b. tidak
10. Menurut saya penyebab masalah fasilitas sekolah mudah diatasi'
a. ya b.
tidak
11. Menurut saya akibat dari masalah fasilitas sekolah berdampak
negatif
a. ya b.
tidak
12. Menurut saya akibat dari masalah fasilitas sekolah berdampak
positif
a. ya b.
tidak
13. Menurut saya akibat dari masalah fasilitas sekolah sulit
diatasi
a. ya b.
tidak
14. Menurut saya akibat dari masalah fasilitas sekolah mudah
diatasi
a. ya b.
tidak
15. Menurut saya akibat dari masalah fasilitas sekolah lumayan
sulit diatasi
a. ya b.
tidak
16. Menurut saya solusi dari masalah fasilitas sekolah mudah
diatasi
a. ya b.
tidak
17. Menurut saya dengan siswa diberitahu tidak akan menyelesaikan
masalah
a. ya b.
tidak
18. Menurut saya solusi dari maslaah fasilitas sekolah dapat
dengan cara penggalangan dana
a. ya b.
tidak
19. Menurut saya siswa dan guru dapat bekerjasama agar dapat
menyelesaikan masalah
a. ya b.
tidak
20. Menurut saya siswa dan guru tidak dapat bekerjasama dalam
menyelesaikan masalah
a. ya b.
tidak
Angket disebar ke seluruh siswa XI MIPA 3 yang
berjumlah 37 siswa. Karena seluruh soal ada 20 dan pengisi angket ada 37 orang
maka hasil akan dihitung menggunakan persen.
Banyak yang memilih jawaban
Ya : 85%
Tidak : 15%
BAB IV
PENUTUP
Kesimpulan
Fasilitas SMAN 15 bandung memiliki fasilitas
yang banyak. Fasilitas yang ada suah cukup baik walaupun masih ada fasilitas
yang belum memadai. banyak fasilitas yang rusak dan belum memadai sehingga
siswa kesulitan. Jika belajar harus menggunakan fasilitas yang ada.
Solusinya yaitu dengan menjaga dan merawatnya
dengan baik dan melakukan penggalangan dana untuk memperbaiki fasilitas yang
ada dan membuat peraturan.
Saran
Fasilitas sangatlah penting karena fasilitas
menunjang kualitas belajar maka dari itu pihak sekolah harus memperhatikan
permasalahan mengenai fasilitas sekolah.
Himbauan
Pihak sekolah harus memberikan sanksi terhadap
pelaku yang sengaja merusak agar siswa jera.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar