Selasa, 16 Mei 2017

MAKALAH TENTANG FASILITAS SEKOLAH

BAB I

PENDAHULUAN

      Alasan kami memilih judul "FASILITAS SEKOLAH" karena kami disini akan menjelaskan bagaimana fasilitas yang ada di SMAN 15 Bandung baik yang positif maupun negatif.
Meskipun fasilitas sekolah sudah pernah dibahas namun penulis akan membahasnya lagi dengan melibatkan berbagai permasalahan fasilitas sekolah yang terdapat di SMAN 15 Bandung.
 Manfaat makalah ini tentunya sangat penting bagi guru sebagai sumber ajar terhadap siswa. manfaat bagi siswa bisa dijadikan sebagai sumber penulisan karya ilmiah. Selain itu bagi masyarakat bias jadi sumber bacaan baru.
      
      Rumusan masalah pada makalah yang berjudul "FASILITAS SEKOLAH" adalah sebagai berikut:
1. Apa permasalahan yang paling sering terjadi pada fasilitas SMAN 15 Bandung?
2. Apa penyebab rusaknya fasilitas SMAN 15 Bandung?
3. Apa akibat rusaknya fasilitas sekolah terhadap warga SMAN 15 Bandung?
4. Bagaimana solusi dari permasalahan yang ada? 
     
      Tujuan penulis dalam makalah "FASILITAS SEKOLAH" antara lain sebagai berikut:
1. Penulis ingin mengetahui masalah yang terjadi dalam fasilitas yang ada di SMAN 15 Bandung.
2. Penulis bermaksud mencari informasi mengenai penyebab rusaknya fasilitas SMAN 15 Bandung.
3. Penulis bermaksud mencari informasi mengenai akibat rusaknya fasilitas SMAN 15 Bandung.
4. Penulis bermaksud memberikan solusi terhadap masalah fasilitas SMAN 15 Bandung.
    
      Masalah dalam makalah penulis berjudul "FASILITAS SEKOLAH" terbatas pada permasalahan, penyebab, akibat dan solusi dalam rusaknya fasilitas yang ruang lingkupnya hanya di lingkungan SMAN 15 Bandung.
    
      Pada makalah yang berjudul "FASILITAS SEKOLAH" penulis berusaha menjelaskan mengenai definisi, ciri ciri, jenis, unsur, dan solusi dari rusaknya fasilitas SMAN 15 Bandung.
    
      Data - data yang akan dibahas penulis pada makalah ini diambil dari berbagai sumber, diantaranya, pendapat siswa, internet dan makalah - makalah kakak kelas mengenai fasilitas sekolah.
     
      Metode yang digunakan penulis pada makalah yang berjudul "FASILITAS SEKOLAH" adalah metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan tentang masalah fasilitas sekolah di SMAN 15 Bandung, sebab sebab rusaknya fasilitas di SMAN 15 Bandung, akibat dari rusaknya fasilitas di SMAN 15 Bandung, dan solusi dari rusaknya fasilitas SMAN 15 Bandung tersebut.
     
     Teknik yang digunakan penulis dalam makalah ini diantaranya dengan wawancara kepada guru atau staf sekolah mengenai rusaknya fasilitas sekolah dan mengamati fasilitas yang rusak




BAB II

PEMBAHASAN

     Fasilitas adalah sarana untuk melancarkan pelaksanaan fungsi, sedangkan sekolah adalah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru. Jadi, fasilitas sekolah adalah sarana untuk melancarkan pelaksanaan fungsi dalam lingkungan lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa atau murid di bawah pengawasan guru.
     
     Ciri - ciri fasilitas sekolah yang ada di SMAN 15 Bandung antara lain :
1. Fasilitas kantin yang mempunyai sekitar 6 buah meja untuk warga sekolah berkumpul dan makan
2. Jumlah toilet yang menyesuaikan dengan jumlah murid
3. Fasilitas kantin yang luasnya menyesuaikan dengan jumlah warga sekolah
     
     Jenis - jenis fasilitas sekolah yang ada di SMAN 15 Bandung antara lain :
1. Fasilitas outdoor
2. Fasilitas indoor

     Unsur - unsur fasilitas sekolah yang ada di SMAN 15 Bandung antara lain :
1.  Fasilitas outdoor :
     - Lapangan
     - Kantin
     - Area parkir
     - Taman ketapang
2. Fasilitas indoor :
     - Kelas
     - Laboratorium
     - Toilet
     - Aula

     Dari fasilitas yang ada ini banyak fasilitas yang masih kurang baik yang disebabkan oleh warga SMAN 15 itu sendiri maupun oleh alam. Dari permasalahan tersebut kita dapat melihat dan memperbaiki fasilitas yang sudah tidak layak tersebut, beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut antara lain :
1. Menggunakan segala fasilitas dengan cara yang baik
2. Tidak merusak dan mengotori fasilitas yang ada
3. Tidak mencorat coret dinding dan meja atau apapun fasilitas yang ada yang seharusnya tidak dicoret
4. Melakukan bersih bersih kelas untuk mencegah adanya kuman dan kerusakan    

     Lokasi fasilitas yang ada di tempatya tersebar salah satunya kantin yang dekat kelas XII, bangku merah, perpustakaan, tukang photo copy, dll.
     Fasilitas kantin yaitu terdapat meja, kursi, tempat sampah, dan dagang dagangan kantin dengan harga kantong SMA.
     Dengan adanya fasilitias tersebut sangat memudahkan warga SMAN 15 untuk menikmatinya dengan nyaman sehingga membuat para warga merasa senang.
     
     Kantin pun memiliki peraturan, peraturan peraturan yang ada antara lain :
1. Dilarang membuang sampah sembarangan
2. Tidak meninggalkan sisa makanan di sembarang tempat
3. Menjaga kebersihan kantin

     Ada banyak permasalahan yang ada di SMAN 15 Bandung, baik itu masalah pada kantin, lapangan, kelas, maupun hal lainnya. Salah satu permasalahan yang pling banyak muncul antara lain pada bagian kelas dan kantin
     Kelas memiliki fasilitas yang baik namun paling sering timbul masalah. Salah satunya pada projector yang seringkali tidak menyala atau error.
     Kantin mempunyai masalah yaitu pada ukurannya yang kurang luas sehingga sering kali penuh dan mengantri dengan lama

     Masalah yang terjadi tidak hanya sekali namun berkali kali. Hal yang paling sering terjadi yaitu pada projector yang sulit digunakan dan terkadang mati atau error.

     Masalah yang terjadi di area kantin lumayan banyak, antara lain :
1. Area yang kurang luas
2. Kondisi yang kurang bersih
3. Meja dan kursi yang kurang banyak
4. Jenis makanan yang kurang bervariasi
5. Beberapa harga tidak masuk akal

     Masalah yang ada di area parkir ada beberapa, antara lain :
1. Kurang luas
2. Tidak dapat menampung kendaraan roda 4
3. Tidak banyak daerah yang bebas hujan

     Masalah pasti disebabkan karena sesuatu masalah masalah yang timbul disebabkan oleh, antara lain :
1. Murid murid yag tidak dapat menjaga dengan baik fasilitas yang ada
2. Adanya faktor cuaca
3. Disebabkan oleh perilaku hewan
4. Tidak dirawat dengan baik

     Akibat dari masalah masalah yang ada antara lain :
1. Meja rusak karena coretan dan goresan
2. Kursi rusak karena coretan dan goresan
3. Lantai licin oleh lumut
4. Lingkungan bau karena sampah
5. Atap bocor karena genteng sudah tua
6. Wifi lemot karena banyak penggunanya
7. Laboratorium yang beralih fungsi menjadi kelas
8. Warna cat yang menguning
9. Tembok yang penuh coretan
10. Koridor dijadikan tempat parkir
11. Projector error karena kecerobohan
12. Pintu yang tidak dapat ditutup lagi
13. Listrik yang tidak kuat
14. Lapangan yang beralih fungsi menjadi tempat parkir
15. Aula yang kurang nyaman
16. CCTV yang tidak berfungsi
17. Jendela reyot karena sudah tua
18. jendela penuh debu
19. Kelas dengan atap rubuh
20. WC yang airnya tidak memadai

     Solusi yang dilakukan dari permasalahan yang ada antara lain :
1. Menggunakan segala fasilitas dengan cara yang baik
2. Tidak merusak dan mengotori fasilitas yang ada
3. Tidak mencoret coret dinding dan meja atau apapun fasilitas yang ada
4. Melakukan bersih bersih kelas untuk mencegah adanya kuman



BAB III

HASIL PEMBAHASAN


     Angket adalah teknik pengumpulan data dengan cara mengajukan pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis pula oleh para responden tentang diri pribadi atau hal hal yang ia ketahui.
     Penulis membagikan angket dengan bentuk soal "ya" atau "tidak". Karena angket jenis ini lebih memudahkan responden untuk menjawabnya karena lebih kepada diri sendiri dan jenis angket ini lebih mudah diisi daripada angket lain karena tinggal memilih jawaban ya atau tidak.

     Uraian Soal
Berilah tanda (x) pada jawaban yang anda pilih

1. Menurut saya fasilitas sekolah sangat penting
    a. Ya          b. tidak
2. Menurut saya fasilitas sekolah sudah memadai
    a. Ya          b. tidak
3. menurut saya fasilitas sekolah belum memadai
    a. ya          b. tidak
4. Menurut saya keadaan fasilitas sekolah cukup baik
    a. ya          b. tidak
5. Menurut saya siswa masih belum menjaga fasilitas sekolah
    a. ya          b. tidak
6. Menurut saya siswa adalah penyebab utama akan masalah fasilitas sekolah
    a. ya          b. tidak
7. Menurut saya cuaca merupakan salah satu faktor masalah fasilitas sekolah
    a. ya          b. tidak
8. Menurut saya perilaku hewan merupakan salah satu faktor masalah fasilitas sekolah
    a. ya          b. tidak
9. Menurut saya penyebab masalah fasilitas sekolah sulit diatasi
    a. ya          b. tidak
10. Menurut saya penyebab masalah fasilitas sekolah mudah diatasi'
      a. ya          b. tidak
11. Menurut saya akibat dari masalah fasilitas sekolah berdampak negatif
      a. ya          b. tidak
12. Menurut saya akibat dari masalah fasilitas sekolah berdampak positif
      a. ya          b. tidak
13. Menurut saya akibat dari masalah fasilitas sekolah sulit diatasi
      a. ya          b. tidak
14. Menurut saya akibat dari masalah fasilitas sekolah mudah diatasi
      a. ya          b. tidak
15. Menurut saya akibat dari masalah fasilitas sekolah lumayan sulit diatasi
      a. ya          b. tidak
16. Menurut saya solusi dari masalah fasilitas sekolah mudah diatasi
      a. ya          b. tidak
17. Menurut saya dengan siswa diberitahu tidak akan menyelesaikan masalah
      a. ya          b. tidak
18. Menurut saya solusi dari maslaah fasilitas sekolah dapat dengan cara penggalangan dana
      a. ya          b. tidak
19. Menurut saya siswa dan guru dapat bekerjasama agar dapat menyelesaikan masalah
      a. ya          b. tidak
20. Menurut saya siswa dan guru tidak dapat bekerjasama dalam menyelesaikan masalah
      a. ya          b. tidak


     Angket disebar ke seluruh siswa XI MIPA 3 yang berjumlah 37 siswa. Karena seluruh soal ada 20 dan pengisi angket ada 37 orang maka hasil akan dihitung menggunakan persen.

     Banyak yang memilih jawaban
Ya      : 85%
Tidak : 15%



BAB IV

PENUTUP


Kesimpulan

     Fasilitas SMAN 15 bandung memiliki fasilitas yang banyak. Fasilitas yang ada suah cukup baik walaupun masih ada fasilitas yang belum memadai. banyak fasilitas yang rusak dan belum memadai sehingga siswa kesulitan. Jika belajar harus menggunakan fasilitas yang ada.
     Solusinya yaitu dengan menjaga dan merawatnya dengan baik dan melakukan penggalangan dana untuk memperbaiki fasilitas yang ada dan membuat peraturan.

Saran
     
     Fasilitas sangatlah penting karena fasilitas menunjang kualitas belajar maka dari itu pihak sekolah harus memperhatikan permasalahan mengenai fasilitas sekolah.

Himbauan

     Pihak sekolah harus memberikan sanksi terhadap pelaku yang sengaja merusak agar siswa jera.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar